Sabtu, 22 Juni 2013

Character Building

Apa kabar, Harvard’s Friends.. Semoga kalian masih selalu bersemangat, yaa. Oke. Coba lirik judul diatas, friend? Ada yang tau ngga? Awas, kalo nda sampai ngga tau, bisa berabe jadinya! Character Building. Yah. Pendidikan karakter. System pendidikan Indonesia secara umum masih menitikberatkan pada kecerdasan kognitif semata. Liat saja, sekolah-sekolah kita yang selalu disibukkan dengan ujian mid, ujian akhir, ujian nasional. Akibatnya apa? Tentu saja, siswa-siswa belajar, tujuannya bukan untuk memperdalam ilmu, tapi untuk mengejar nilai dan ijazah. Sepakat, friend? 

Apa jadinya yah? Kalau misalkan generasi-generasi yang dilahirkan dari bangku sekolah adalah generasi yang hanya mengejar nilai, namun tidak memiliki karakter yang bagus. Bagaimana caranya untuk bisa melepas Negara kita dari berbagai masalah. Hm, pantas aja tawuran dan anarkis merebak dimana-mana. Itu semua dimulai dari penanaman nilai-nilai dan kebiasaan yang buruk yang dibawa sejak dini. Makanya, muncul pendidikan karakter sebagai upaya untuk membangun dan membentuk karakter unggul.

Pendidikan karakter itu diperkenalkan oleh Thomas Lickona sejak tahun 1900-an. Gara-gara tulisan-tulisannya itu, ia menyadarkan dunia Barat akan pentingnya pendidikan karakter. Menurutnya, pendidikan karakter mengandung 3 unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Friend, coba  bayangin deh.. seandainya semua siswa di seluruh Indonesia, ataupun se-Dunia sekalipun mengintegrasikan pendidikan karkter. Wuiihh, Pasti, rasanya Negara kita adem, deh, Hihihi!
Nah, sekarang tujuan kita adalah….

Membangun Pendidikan Karakter! Sekarang singsingkan lenganmu, pasang erat pita didahimu (sadaaapppp), kepalkan tanganmu, dan katakan KAMI ….. BERKARAKTER.
(Semangat 45)

Oke, demikianlah sajian HarvardSchool untuk kali ini.
Thanks.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More